Hadapi Corona, Menkes Era SBY Imbau Masyarakat Aktifkan Desa Siaga

Mantan Menteri Kesehatan RI 2004-2009, Siti Fadilah Supari (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Terjangkitnya dua warga Depok atas virus Corona atau Covid-19, membuat banyak kalangan prihatin. Untuk menghadapi wabah ini, sejumlah tokoh pun bicara termasuk mantan Menteri Kesehatan di era SBY, Siti Fadilah Supari.

Ia pun menyerukan agar masyarakat segera mengaktifkan kembali RT Siaga, RW Siaga dan Desa Siaga. “Dalam desa siaga masyarakat aktif memastikan kesehatan keluarga dan lingkungannya. Jangan biarkan pemerintah bekerja sendiri. Kita harus bersatu menghadapi Corona,” ujar Siti Fadilah, yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Senin (2/3).

Melalui forum desa siaga ini, kata dia, masyarakat bisa mendata kalangan yang sakit seminggu sekali, memastikan yang mengantar dan kendaraan ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Sebagaimana diketahui, Desa Siaga ini pernah dipakai efektif saat Menkes Siti Fadilah menghadapi wabah flu burung dan penanganan gizi buruk di tahun 2006-2009 lalu.

“Pastikan tidak ada yang sedang sakit demam, flu, batuk atau pilek.Jika ada segera pastikan untuk berobat di Puskesmas atau Rumah sakit terdekat. Kawal pasien agar dipermudah pemeriksaan dan pengobatannya. Segera laporkan data pasien ke dinas kesehatan terdekat. Dengan cara ini, petugas kesehatan akan lebih mudah memantau kesehatan masyarakat sampai tingkat yang terkecil,” ujarnya.

Ia juga mengatakan desa siaga harus bersiap untuk menghadapi situasi terburuk dengan mempersiapkan stok bahan makanan dan obat-obatan serta jalur distribusi di masyarakat.

“Untuk itu dibutuhkan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah desa setempat memastikan ketersediaan bahan makanan dan obat obatan yang cukup bagi masyarakatnya,” jelasnya.