Pasca Umrah Ditangguhkan Kerajaan Saudi, Ini Kata Menko PMK

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan menteri jajarannya melakukan konferensi pers

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Indonesia tampaknya akan menyiapkan tindak lanjut dari kebijakan penangguhan umrah oleh Kerajaan Arab Saudi. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, mengatakan hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Tindaklanjut arahan bapak Presiden untuk mengantisipasi dampak penghentian sementara umrah oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi,” ujar Muhadjir saat konferensi pers, Kamis (27/2).

Mantan Menteri Pendidikan RI ini mengatakan, sejauh ini pemerintah telah melakukan upaya dengan sangat cermat dan penuh pertimbangan.

“Segala langkah pemerintah telah dilakukan dengan cermat dan penuh pertimbangan,” kata Muhadjir.

“Semoga Indonesia selalu diberikan keamanan, kesehatan, dan kemakmuran untuk seluruh rakyatnya,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi telah menghentikan akses masuk wilayahnya baik kunjungan maupun urusan umrah kepada negara-negara non-Saudi, termasuk Indonesia. Kebijakan ini ditelurkan lantaran mereka ingin memproteksi warga negaranya dari penyebaran virus Corona.