Fadli Zon Sayangkan Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Sangat Lambat

Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019, Fadli Zon (dok; Rangga/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah saat ini memprioritaskan evakuasi terhadap WNI kru kapal pesiar World Dream dibandingkan kapal Diamond Princess. Rupanya, keputusan tersebut memiliki alasan tersendiri.

Jokowi dalam keterangannya mengatakan, alasan pemerintah lebih dahulu mengevakuasi WNI di kapal World Dream karena lokasinya terbilang cukup dekat di perairan Indonesia. Sementara untuk penanganan WNI di Diamond Princess, pemerintah Indonesia hingga kini masih mengupayakan negosiasi yang tidak mudah.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyayangkan adanya keterlambatan pemerintah dalam mengevakuasi WNI yang berada di kapal Diamond Princess.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Fadli Zon khawatir keselamatan ratusan WNI disana akan terancam. “Proses evakuasi WNI di Diamond Princess lambat sekali. Bisa membahayakan mereka,” ujar Fadli Zon dalam keterangannya pagi ini, Kamis (27/2).

Ketua BKSAP DPR ini mengatakan, pemerintah seharusnya lebih sigap menangani keselamatan seluruh warganya. Bahkan, kata dia, tak perlu menunggu satu per satu.

“Harusnya simultan tak perlu nunggu satu-satu. Negara-negara lain lebih sigap selamatkan warganya,” pungkasnya.