Jumat, 26 April, 2024

DPRD Buat Pansus Banjir, Pengamat: Elektabilitas Anies Baswedan Bisa Meroket

MONITOR, Jakarta – Pembentukan panitia khusus (Pansus) penanganan banjir Jakarta oleh DPRD DKI diprediksi bisa menguntungkan Anies Baswedan secara pribadi.

Hal itu diungkapkan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. Menurutnya, dengan adanya pansus banjir nama Anis akan semakin populer.

“Dengan langkah pansus, Gubernur DKI justru akan semakin populer dimata pemilih,” kata Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/2/2020).

Diketahui, usulan pembentukan Pansus banjir yang digagas sejumlah fraksi DPRD DKI Jakarta kembali mencuat setelah sejumlah wilayah Jakarta kembali terendam banjir.

- Advertisement -

Lebih lanjut Pangi mengatakan, langkah politis via pansus adalah jalan yang sangat sulit, berliku bahkan akan membuang-buang energi kalau ada agenda untuk mengerus elektabilitas.

“Dinamika internal di DPRD juga tidak seragam, butuh energi ekstra agar Pansus Banjir bisa mengarah ke impeachment,” ujar Pangi.

Menurut Pangi, menjegal Anies untuk menghentikan langkahnya menjadi calon presiden dengan cara-cara kasar seperti ini justru akan menuai simpati publik. Dalam pendekatan “underdog effect”, terlihat seperti dizhalimi, maka pemilih akan beramai-ramai berempati.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER