Jumat, 29 Maret, 2024

Wamendes Tegaskan Peran Penting Pemuda dalam Membangun Desa

MONITOR, Jakarta – Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Budi Arie Setiadi menegaskan peran penting pemuda dalam pembangunan desa.

Hal itu ia ungkapkan pada acara dialog nasional dengan tema “Bersama Anak Muda; Bangun Indonesia dari Desa dan Pertanian” sekaligus meresmikan Pergerakan Tani Muda Indonesia (PETANI) di Kedai Tempo, Utan Kayu, Jakarta Timur, Senin, (24/2) .

“Banyak desa-desa yang maju dan berkembang maupun desa-desa yang mandiri itu penggeraknya anak-anak muda. Banyak desa-desa yang maju karena penggeraknya anak-anak muda, karena anak-anak muda lebih cenderung kreatif dan inofatif,” ujar Wamen Budi Arie.

Wamen Budi Arie juga memaparkan dampak dana desa terhadap pertanian.

- Advertisement -

Dana desa mendorong peningkatan produksi dan pendapatan petani yang secara tidak langsung diakibatkan oleh pembangunan infrastruktur, juga usaha tani, jaringan irigasi, drainase, dan pelatihan bidang pertanian untuk peningkatan kapasitas petani.

Kajian 33 Perguruan Tinggi Desa (Pertides) di 33 Provinsi menyebutkan jika dana desa itu beri efek positif bagi pembangunan desa di setiap provinsi.

Kajian itu menyebutkan dana desa meningkatkan kemampuan, keterampilan serta perubahan sikap yang lebih terbuka terhadap inovasi pertanian.

Selain itu juga sebagai pemberdayaan petani, kelompok tani, Bumdes maupun koperasi merupakan manfaat peningkatan produktifitas pertanian.

“Dampak dana desa terhadap sektor pertanian adalah meningkatnya produktifitas petani”, ujar Wamen Budi Arie.

Dihadapan dewan pengurus pusat PETANI, Wamen Budi Arie berharap organisasi itu turut serta dalam pembangunan di sektor pertanian untuk desa lebih maju.

“ Saya berpesan kepada Pergerakan Tani Muda Indonesia (PETANI) untuk ikut andil dalam pembangunan pertanian, pembangunan SDM dan juga untuk peningkatan kemajuan warga desa”, pungkas Wamen Budi Arie

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER