Kamis, 6 Oktober, 2022

Pemilihan Wagub DKI Pakai Voting Tertutup, Nurmansyah: Saya Ikut Aturan Saja

MONITOR, Jakarta – Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah dipastikan bakal berlangsung dengan sistem voting tertutup. Rupanya, kandidat Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dari PKS Nurmansyah Lubis tidak keberatan dengan sistem ini.

Ancah, sapaan akrab Nurmansyah Lubis, mengatakan hampir setiap proses pemilihan kepala daerah dilakukan secara tertutup.

“Saya sih ikut aturan yang sudah disepakati DPRD DKI saja. Lagipula, selama ini kalau milih kan selalu tertutup. Kebijakan terbuka atau tertutup aturannya juga sudah dievaluasi di departemen dalam negeri (Depdagri),” ujar Ancah kepada MONITOR, Senin (24/2).

Meskipun pemilihan Wagub DKI dilakukan secara tertutup, namun Ancah tidak menampik kekhawatiran publik terkait adanya politik uang. Ia mengatakan, dalam proses pemilihan Wagub nanti akan benar-benar diawasi oleh lembaga hukum.

- Advertisement -

“Insya Allah tidak akan terjadi politik transaksional. Kita berharap temen-temen (anggota dewan) juga semua adalah orang-orang yang demokratis. Lagipula ada lembaga lembaga hukum yang mengawasi,” terangnya.

Anggota DPRD DKI periode 2004 hingga 2014 ini juga siap menerima pertanyaan dari 106 wakil rakyat DKI kepada dirinya mengenai Jakarta.

“Dan nanti kalau ada penyampaian visi misi kan walaupun sudah jelas kita akan pertajam. Terus teman-teman silakan saja tanyakan,” papar dia.

Ancah menambahkan, penyampaian visi misi sangat mempengaruhi penilaian dewan terhadap kandidat Cawagub.

“Penyampaian visi misi yang akan didialogkan oleh anggota legislatif itu artinya minimal bahwa teman-teman di Kebon Sirih (anggota DPRD DKI) mengetahui lah kompetensi. Kemudian Bagaimana sifat-sifat karakter masing-masing kandidat, bukan hanya dari pembicaraan saja namun dari presentasi kan bisa dinilai,” pungkasnya.

Diketahui proses pemilihan calon Wagub DKI terus dipercepat. DPRD DKI Jakarta telah mengesahkan tata tertib (tatib) pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) DKI pada Rabu (19/2) kemarin. Tatib wagub itu sendiri masuk di dalam tatib anggota Dewan Legislatif Kebon Sirih periode 2019-2024. DPRD DKI menargetkan pemilihan Wagub akan digelar pada awal bulan Maret 2020.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER