Masih Lobi Jepang, Menkes Ingin Proses Evakuasi WNI Berjalan Baik

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bersama Menko PMK Muhadjir Effendi di Istana Negara (dok: Setkab)

MONITOR, Jakarta – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan saat ini pemerintah tengah berupaya mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di atas kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di Pelabuhan Yokohama, Jepang.

Terawan menjelaskan, pemerintah terus melakukan negosiasi agar Jepang bersedia mengeluarkan WNI disana.

“Saat ini juga terus bernegosiasi dengan pemerintah Jepang mengenai upaya, teknik, cara yang paling baik untuk bisa mengeluarkan mereka. Jadi ini nego terus. Kita nego tapi harus dengan caranya jangan semaunya sendiri,” ujar Terawan kepada awak media di Istana, Senin (24/2).

Widget Situasi Terkini COVID-19



Lebih lanjut ia mengatakan, pemerintah Indonesia juga sangat berhati-hati dan tidak tergesa-gesa agar bisa melaksanakan evakuasi dengan baik.

“Kita hati-hati. Negara kita sangat berhati-hati dan mengikuti kaidah-kaidah apa yang sudah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan itu akan kita lakukan dengan tertib dan ketat,” imbuh Terawan.

Seperti diketahui, kapal Diamond Princess telah menjalani proses karantina usai sejumlah penumpang maupun awaknya positif terinfeksi virus Corona, termasuk sembilan WNI dari Indonesia. Kesembilan WNI tersebut kini sedang menjalani perawatan di rumah sakit di Jepang.