Kamis, 28 Maret, 2024

Anies Baswedan Apresiasi Dukungan Bank DKI Disektor Transportasi

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan apresiasinya kepada Bank DKI yang telah mendukung penuh perkembangan transportasi massal di Ibu Kota.

“Penerapan transportasi publik di DKI Jakarta dilakukan oleh Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. Yang menyatukan adalah perbankan yaitu Bank DKI”ujar Anies disela-sela Seminar Nasional BPD SI Sinergi BUMD DKI Jakarta di Jakarta, Sabtu, (22/02).

Dikatakan Anies, dukungan Bank DKI disektor transportasi publik tersebut merupakan perwujudan sinergi BUMD di sektor transportasi.

Bank DKI diketahui mendukung sistem pembayaran transportasi publik di Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta melalui penggunaan JakCard dan JakLingko. Anies mengingatkan salah satu tugas Bank DKI yang merupakan BUMD bidang perbankan adalah meningkatkan pelayanan bidang transportasi.

- Advertisement -

“Bank DKI harus bisa menjadi integrator dari tujuh moda transportasi umum di Jakarta melalui produk perbankan sebagai tiket pembayaran mulai dari angkutan umum bus kecil, menengah, Bus Transjakarta, LRT Jakarta, MRT Jakarta,” pesannya pada acara yang dihadiri Ketum Asosiasi Bank Daerah (Asbanda) Supriyatno dan Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa.

Untuk merealisasi ketersambungan sistem moda transportasi dan alat pembayaran yang sama, maka Bank DKI harus mampu berkolaborasi dengan sejumlah BUMD dan SKPD.

“Kolaborasi seperti ini juga berlaku untuk pelayanan bidang pangan dan pariwisata,” ujar Anies pada acara dengan tema Sinergi BUMD dalam Rangka Mewujudkan Peningkatan Kinerja Usaha dan Percepatan Realisasi Program Pembangunan Daerah.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengatakan, sejalan dengan perkembangan zaman yang memasuki era 4.0, Bank DKI menyadari bahwa masyarakat Jakarta atau kaum urban kini membutuhkan layanan yang cepat dan praktis. “Oleh karena itu, kami memiliki sejumlah produk dan layanan non tunai yang dapat mengakomodir hal tersebut, salah satunya JakCard,” ujarnya.

Jakcard sendiri merupakan kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran non-tunai. Kepraktisan pembayaran dengan JakCard bisa dimanfaatkan warga, salah satunya untuk pembayaran tiket naik Transjakarta.

“Memang perlu diakui, pembayaran cashless telah memudahkan masyarakat dalam bertransaksi, meskipun masih banyak juga yang belum bisa melepaskan kebiasaan membayar dengan uang tunai. Namun, seiring perkembangan teknologi, sebagian masyarakat kemudian memilih pindah haluan, sebagian lagi masih mencoba-coba hidup cashless, sambil tetap memakai uang tunai,”pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER