Pastikan Asupan Vitamin Anak Terpenuhi, Dinkes Depok Lakukan Sweeping

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita. (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memastikan seluruh anak sudah memperoleh Vitamin A. Hal tersebut dilakukan dengan melakukan kunjungan ke rumah warga.

“Agar capaian pemberian Vitamin A ini dapat maksimal, dilakukan sweeping ke rumah warga. Karena saat pelaksanaan posyandu tidak semua warga datang membawa anaknya,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita kepada MONITOR, Rabu (19/2).

Menurut Novarita, sweeping dilakukan langsung oleh tenaga kesehatan maupun kader posyandu. Jika saat melakukan kunjungan ditemukan warga yang balitanya belum memperoleh Vitamin A, maka pihaknya segera memberikan kapsul Vitamin A.

Novarita mengatakan, pemberian Vitamin A tersebut disesuaikan dengan usia anak. Untuk 6-11 bulan diberikan Vitamin A dengan dosis 100.000 IU yang ditandai dengan warna biru. Sedangkan, usia 1-5 tahun diberikan dengan dosis 200.000 IU yang ditandai dengan warna merah.

“Saat sweeping tetap kami perhatikan pemberian dosis Vitamin A pada anak. Karena masing-masing anak membutuhkan kandungan yang berbeda,” jelasnya.

Selain dilakukan sweeping, lanjut Novarita, tenaga kesehatan maupun kader posyandu juga memberikan penyuluhan kepada orangtua untuk memahami pentingnya pemberian Vitamin A.

“Dengan demikian, diharapkan orangtua akan tahu saat pelaksanaan bulan Vitamin A pada Februari dan Agustus agar segera mengunjungi posyandu,” katanya.