Kemenag Susun Indikartor Kinerja Utama PTKIN BLU 2020

Rapat Koordinasi PTKIN BLU Tahun Anggara 2020 (istimewa)

MONITOR, Jakarta – Kementerian Agama menggelar rapat koordinasi terkait Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Badan Layanan Umum (BLU), Selasa (18/02/20) di Jakarta. Rapat tersebut digelar dalam rangka evaluasi dan perbaikan layanan PTKIN BLU.

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Dit PTKI), Adib Abdushomad menuturkan, pertemuan tersebut merupakan kegiatan awal guna merumuskan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pimpinan PTKIN BLU tahun anggaran 2020 agar lebih maksimal dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Selain itu pada kesempatan ini juga akan dibahas permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing setker PTKIN BLU pada 2019 dan penyusunan Key Performance Indicator atau Indikator Kinerja Utama (IKU) PTKIN BLU tahun 2020,” tutur Adib.

Widget Situasi Terkini COVID-19



Lebih lanjut ia menjelaskan, capaian strategis IKU PTKIN BLU Tahun 2020 diantaranya kinerja pengelolaan keuangan efektif, efisien dan akuntabel yang terdiri dari presentase pendapatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terhadap biaya oprasional, realisasi PNBP BLU, Realisasi PNBP BLU yang berasal dari optimalisasi aset dan kerjasama BLU dan modereniasai pengelolaan keuangan BLU.

Kedua yakni layanan prima yang terdiri dari akreditasi program studi, kualifikasi dosen, kualifikasi lulusan, produktivitas penelitian dan publikasi ilmiah, kepuasan mahasiswa dan daya saing perguruan tinggi negeri. Juga tahapan pengusulan prodi umum, jurnal ilmiah yang terakreditasi dan karya yang diusulkan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atau produk inovasi.

Kasi Kelembagaan PTKIN, Lelis Tsuroya menambahkan, pihaknya berharap BLU tersebut dapat menjadi berkah bagi civitas kampus. Dengan begitu dibutuhkan kerjasama dari seluruh pimpinan PTKIN agar dapat memberikan layanan yang baik.

“Saat ini satker PTKIN BLU terdiri dari 16 UIN dan 1 IAIN, kami membutuhkan suport dari seluruh pimpinan PTKIN agar bisa bersama-sama memberikan layanan yang cepat dan tepat sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Rapat Koordinasi PTKIN BLU tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat PKBLU Kementerian Keuangan, Biro Keuangan dan BMN Kementerian Agama, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Dit PTKI dan Pimpinan 17 PTKIN BLU.