Dirut Taspen Jamin Dana Pensiunan PNS Bisa Meningkat

Direktur Utama PT Taspen (Persero), Antonius Steve Kosasih (dok: Satria Sabda Alam/ Monitor)

MONITOR, Jakarta – Perusahaan asuransi pelat merah memiliki peluang dapat memberikan keuntungan bagi para pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) kedepannya. Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Taspen (Persero), Antonius Steve Kosasih.

Ia menyebutkan ada sejumlah faktor yang membuat pendapatan para pensiun PNS menjadi besar, diantaranya pangkat dan lamanya PNS bekerja.

Lebih lanjut ia melaporkan, saat ini investasi yang dikelola PT Taspen meningkat sebanyak 8-9 persen per tahun.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Sekarang ada yang dapat 100 juta juga kok, kalo begitu logikanya bisa jadi karena kalo misalnya dia bekerja cukup lama, mencapai pangkat yang tinggi dan komponennya itu oke itu bisa karena dari sisi investasi kita ngga ada keraguan sekali untuk itu,” ujarnya saat diwawancarai Monitor, Rabu (19/2).

Rata-rata, kata dia, jumlah total investasi yang dihasilkan per tahun mencapai lebih dari Rp 1 milyar.

“Rata-rata setahun investasi kita 8-9% kalau secara total Rp 1 milyar pasti lewat,” terangnya.

Ia mengatakan, PT Taspen kerap melakukan analisa perusahaan yang dapat membaca dana jangka panjang bagi PNS. Sehingga, kata dia, perusahaan yang dinahkodainya itu tidak akan mengalami kerugian bahkan sampai tahun 2060 nanti.

“Satu PNS yang pensiun diganti dengan satu PNS baru, dan asumsi return kita imbal hasil investasi kita turunkan 60% sampai 2060 juga ngga akan rugi,” imbuhnya.