Sabtu, 27 April, 2024

Selama Tahun 2019, Angka Kematian Bayi 17 Kelurahan di Depok Nol

MONITOR, Depok – Upaya menurunkan angka kematian bayi (AKB) di Kota Depok terus dilakukan Pemerintah Kota Depok. Hal tersebut dibuktikan dengan tidak adanya kasus kematian bayi pada tahun 2019 di 17 Kelurahan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, tidak adanya kasus kematian bayi tersebut didorong sinergi antara pemangku kepentingan di wilayah bersama tenaga kesehatan dan kader PKK. Tentu dengan rutin melakukan pemantauan dan pendampingan kepada ibu hamil. 

“Ini tidak lepas dari sinergitas dan dukungan dari seluruh elemen di wilayah,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.

Novarita mengatakan, sebanyak 17 kelurahan tersebut antara lain Pasir Putih, Pengasinan, Bedahan, Cipayung, Cipayung Jaya, dan Kelurahan Pondok Terong. Selanjutnya, Kelurahan Cilodong, Tugu, Kalibaru, Harjamukti, Pasir Gunung Selatan, Mekarsari.

- Advertisement -

Kemudian Kelurahan Tapos, Jatijajar, Cilangkap, Tanah Baru, dan Kelurahan Kukusan.

Novarita mengatakan, upaya menurunkan AKB di Depok ini harus terus dilakukan. Seperti dengan melakukan pemantauan kepada ibu hamil untuk terus mengkonsumsi makanan yang sehat untuk tumbuh kembang anak, juga dengan pertolongan pelayanan kesehatan yang tepat kepada ibu yang akan melahirkan. 

“Perhatian dan pendampingan harus terus diberikan kepada ibu hamil. Dengan begitu, angka kematian bayi maupun ibu dapat terus menurun,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER