Masyarakat Depok Disarankan Buat Sumur Resapan di Rumah Masing-masing

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi (Foto: istimewa)

MONITOR, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengimbau masyarakat untuk membuat sumur resapan di halaman rumah masing-masing. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga ketersediaan air tanah dan mencegah banjir.

“Minimal satu rumah membuat dua titik sumur resapan. Satu titik bisa di halaman depan dan satu titik lagi di halaman belakang atau tempat manapun yang tersedia di rumah,” kata Kepala DPUPR Kota Depok Dadan Rustandi, di Balai Kota, Rabu (19/2)

Dadan mengatakan, masyarakat bisa membuat sumur resapan dengan kedalaman 2-3 meter.  Lubang harus dibuat persis di bawah talang air untuk menampung air ketika hujan.

Dadan menyebut, keberadaan air hujan terserap ke dalam tanah, dapat bermanfaat ketika musim kemarau tiba. Sebab, jelas dia, sumur resapan menyimpan cadangan air di bawah tanah, yang nantinya masuk ke dalam  sumur artesis atau  sumur yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

“Adanya sumur resapan, memberikan banyak manfaat ketika kemarau tiba. Selain itu, bisa mencegah terjadinya banjir saat musim hujan, karena air bisa meresap langsung ke dalam tanah. Idealnya setiap bangunan seluas 50 meter memiliki satu  sumur  resapan,” katanya.