Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Depok Akan Buat Sumur Resapan

Kegiatan Forum Perangkat Daerah DPUPR Kota Depok, di Hotel Bumi Wiyata (Foto: Boy Rivalino/Monitor)

MONITOR, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok semakin serius dalam menanggulangi banjir dan genangan. Rencananya, tahun ini akan dibangun sumur resapan di setiap jalan lingkungan (jaling).

“Baru kita rencanakan tahun ini, tapi harus melalui beberapa tahapan. Seperti, sosialisasi ke masyarakat dan lainnya. Jika tidak ada halangan, pembangunan bisa dilakukan tahun ini,” kata Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi, seusai kegiatan Forum Perangkat Daerah DPUPR Kota Depok, di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (18/2).

Dandan mengakui, beberapa lokasi jaling akan dipetakan usai kegiatan Forum Renja. Namun, pihaknya juga meminta keaktifan dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk turut mengusulkan wilayah mana saja yang ideal dibangun sumur resapan.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Kita juga akan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Karena mereka berencana membuat sumur resapan. Nanti, kita duduk bersama dengan instansi terkait, agar bisa direalisasikan,” jelasnya.

Karena itu, Dadan berharap, dengan dibangunnya sumur resapan, dapat menahan laju air dan mempercepat penyerapan ke dalam tanah. Dengan begitu, diharapkan mampu memecahkan masalah banjir dan genangan di Kota Depok.

“Mudah-mudahan debit air tidak terbuang begitu saja dan bisa ditahan di dalam sumur resapan. Kami juga mendorong masyarakat untuk membangun sumur resapan di halaman rumah masing-masing,” katanya.