Kepuasan Publik terhadap Jokowi Tinggi, PDIP: Kebijakan yang Diluncurkan Sudah Tepat

Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan, Prof Rokhmin Dahuri saat menjadi narasumber rilis survei IndoBarometer di Jakarta. Minggu (16/2/2020)

MONITOR, Jakarta – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei “Evaluasi Publik dan Isu-isu Nasional dalam 100 Hari Jokowi – Maruf Amin” di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta. Minggu (16/2/2020).

Hasilnya, sebanyak 70,1 persen masyarakat mengaku puas terhadap kinerja Jokowi. Angka tersebut meningkat kalau diperbandingkan dengan survei tahun 2015, yang mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi hanya mencapai angka 57,5 persen.

Namun, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja wakil presiden Maruf Amin sangat rendah hanya 49,6 persen. Adapun tingkat kepuasan publik secara keseluruhan terhadap kabinet Jokowi-Ma’ruf hanya 54,4 persen.

“Kalau sebelumnya selisih (Presiden dengan Wapres) tidak sejauh itu. Perlu ada evaluasi. Perubahan performa,” kata kata Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari.

Baca : Kepuasan Publik terhadap Kabinet Jokowi-Ma’ruf Hanya 54,4 Persen

Menanggapi hasil survei tersebut, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rokhmin Dahuri menilai sejauh ini kebijakan Jokowi sudah tepat. Meski demikian menurutnya waktu 100 hari tidak bisa dijadikan patokan untuk menilai kinerja pemerintahan.

“Kinerja pemerintah seharusnya dilihat berdasarkan kebijakan serta program yang dikeluarkan dan manfaatnya bagi publik. Kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat ini sudah sesuai dengan visi dan misi yang ingin dicapai,” ujarnya saat menjadi narasumber rilis survei IndoBarometer itu.

Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan itu mengaku beruntung kepuasan publik terhadap Jokowi tinggi apalagi dengan bergabungnya Gerindra. “Kami sangat beruntung kepuasan publik 70,1%. Dengan gabungnya Partai Gerindra bisa tambah kepuasan publik,” ujarnya.

“Jadi kalau saya lihat pemerintahan presiden dan wakil presiden saat ini sudah on the track,” tambahnya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu juga menegaskan bahwa sejauh ini kebijakan yang diluncurkan Jokowi sudah tepat.