Tolak Gelaran Formula E di Monas, Ketua DPRD DKI Malah Tawarkan Lokasi Alternatif

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (dok: Asep Monitor)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi hingga saat ini masih mempermasalahan perhelatan ajang balapan Formula E di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Pras, demikian sapaan Prasetyo, justru memberikan opsi lokasi lain untuk gelaran balapan yakni Taman Impian Jaya Ancol dan Gelora Bung Karno (GBK).

“Saya kira Jakarta memiliki banyak tempat yang tidak kalah mumpuni dan menarik untuk penyelenggaraan Formula E, selain di Monas. Kita punya kawasan Taman Impian Jaya Ancol, kawasan Kemayoran, atau Gelora Bung Karno yang menurut saya cukup tepat,” ujar Pras, Sabtu (15/2).

Menurut Pras, salah satu tujuan penyelenggaraan Formula E ini adalah untuk menggenjot pendapatan devisa dari sektor pariwisata yang dimiliki Jakarta. Setelah itu, kata dia, baru keuntungan lain-lainnya yang tentu tak instan diperoleh.

“Formula E di Jakarta perlu. Tapi penyelenggaraannya harus sesuai aturan, dan tentu harus juga sesuai dengan rekomendasi pihak berwenang,” tegasnya.

Sebelumnya, Pras mencium adanya dugaan manipulasi surat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) soal perhelatan Formula E di Monas.

Oleh karena itu, ia berencana akan memanggil Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk mengklarifikasi dugaan manipulasi surat tersebut.