Minggu, 14 Juli, 2024

Antisipasi Virus Corona, Pemerintah Disarankan Impor Bawang Putih dari India

Dedi menyarankan agar importir memberikan subsidi kepada petani

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi menyarankan pemerintah untuk melakukan impor bawang putih dari negara yang aman dari Virus Corona untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang selama ini diimpor dari China.

Salah satu negara yang menurut Dedi bisa dipertimbangkan pemerintah adalah India. Dedi mengatakan saat negara India sebagai salah satu negara yang memiliki produksi bawang putih yang melimpah sehingga menurutnya aman untuk dikonsumsi sebagai kebutuhan masyarakat.

“Barangkali untuk sekarang impor barangnya pada negara yang aman dari corona untuk barang-barangnya dikonsumsi untuk kita,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya di DPR RI Senayan, Jakarta. Kamis (13/2/2020).

“Misalnya yang punya produksi kan India. Cuma memang bawangnya nggak gede-gede,” tambahnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut Dedi menyinggung soal program wajib tanam bawang putih dimana ada dua progam penanaman petani yang disupporting dana APBN dan ada program penanaman yang dilakukan oleh importir. Menurut Dedi importir sebaiknya memberikan kompensasi kepada petani agar dapat meningkatkan produksi.

“Saya minta nanti ke pak direktur (dirjen hortikultura kementan-red) gimana misalnya kalo importir nggak usah nanam. Biar saja memberikan kompensasi berupa pembiayaan dimana pembiayaannya diarahkan langsung membina petani yang menanam itu dan target produksinya ditambah,” terang mantan bupati Purwakarta itu.

Menurut Dedi, jika importir memberikan kompensasi kepada petani maka penghasilan petani akan meningkat dua kali lipat.

“Misalnya kalo hari ini petani menanamnya 10 hektar nanti disuport oleh importir menjadi 30 hektar sehingga produksinya meningkat,” tandas Dedi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER