Dinkes Depok Ajak Masyarakat Peduli Deteksi Dini Kanker

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita. (Foto: Istimewa)

MONITOR, Depok – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus mengajak masyarakat untuk melakukan deteksi dini cegah kanker. Pasalnya, penyakit ini merupakan penyebab kedua kematian di dunia, sehingga perlu dilakukan pencegahan.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, pihaknya menggandeng puskesmas dan rumah sakit (RS) untuk mensosialisasikan pencegahan kanker ke masyarakat. Selain itu juga menggelar beberapa pemeriksaan untuk deteksi dini kanker.

“Sinergisitas terus kami bangun dengan puskesmas dan rumah sakit sebagai upaya menurunkan kasus kanker di Depok,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Dikatakan Novarita, pencegahan yang dapat dilakukan antara lain menghindari faktor risiko dan melakukan Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet gizi seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres (CERDIK). Selain itu juga dengan melakukan vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV) dan menghindari radikal bebas.

Menurutnya, ada beberapa pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk deteksi dini kanker. Yaitu pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) dan Papsmear untuk deteksi dini kanker leher rahim. Selanjutnya, melakukan pemeriksaan payudara sendiri, pemeriksaan payudara klinis, dan mamografi untuk mendeteksi dini kanker payudara.

“Ada juga pemeriksaan kulit sendiri untuk deteksi kanker kulit, dan periksa mulut sendiri untuk deteksi dini kanker mulut,” ujarnya.