Anies Baswedan Apresiasi Upaya Kementan Tekan Harga Cabai dan Bawang Putih di DKI

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan apresiasinya atas upaya Kementan bersama Food Station dan PD Pasar Jaya dalam stabilisasi pasokan dan harga pangan di Jakarta.

“Pasokan pangan di Jakarta bergantung dari luar DKI, disisi lain harga di DKI berimplikasi nasional. Harga mencerminkan supply and demand. Demand di Jakarta relatif stabil, tapi supply-nya sering mengatasi interupsi, pada saat itu kenaikan harga terjadi, dan di situlah negara hadir dengan upaya stabilisasi pasokan,” terang Anies.

Anies menambahkan, tujuan stabilisasi harga adalah setiap rumah tangga di DKI merasakan ketenangan dengan cukupnya pasokan dan harga yang terjangkau.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Harga cabai saat ini mulai mengalami penurunan. Pada 2 Februari 2020 masih berkisar 74 ribu/kg untuk cabai merah keriting dan 89 ribu/kg untuk cabai rawit merah, namun saat ini (9/2) tercatat 70 ribu/kg dan 85 ribu/kg. Artinya mengalami penurunan sebesar 4,9% untuk cabai merah keriting dan 5,7% untuk cabai rawit merah.

Dalam OP hari ini, sedikitnya 20 ton bawang putih dan 5 ton cabai rawit merah digelontorkan ke 22 lokasi pasar DKI Jakarta yaitu: Pasar Kramat Jati, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, Tomang Barat, Pal Merah, Glodok, Jatinegara, Klender SS, Senen, Tanah Abang, Anyer Bahari, Metro Atom, Pulo Gadung, Johar Baru, Tebet Barat.

Dalam OP ini, harga cabai rawit merah dibanderol seharga Rp 35.000,-/kg dan bawang putih Rp 30.000/kg. Selain itu, 8 ton Cabe Rawit Merah digelontorkan juga ke Pasar Induk Kramat Jati, sehingga total cabai yang digelontorkan khusus hari ini saja di Jakarta sekitar 13 ton.

Sebulan ke depan PD Pasar jaya dan PT Food Station Tjipinang akan melakukan OP Bawang putih di berbagai pasar DKI Jakarta agar harga bawang putih tidak terus merangkak naik.

Ibu Ani salah seorang pengunjung TTIC yang ditemui mengungkapkan rasa gembiranya dengan adanya OP cabai dan bawang putih ini.

“Saya sangat senang adanya OP ini, karena saya bisa membeli cabai dengan murah,” ujarnya.