Jumat, 19 April, 2024

22 Pasar Jakarta Jadi Lokasi OP Cabai dan Bawang Putih

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka kegiatan Operasi Pasar (OP) Cabai dan Bawang Putih di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Kementan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2).

Sebanyak 22 kendaraan yang masing-masing membawa kurang lebih 500 kg bawang putih dan 250 kg cabai akan didistribusikan ke 22 pasar di wilayah DKI Jakarta dengan harga terjangkau, yaitu bawang putih seharga Rp 30.000 per kilogram dan cabai rawit merah seharga Rp 35.000 per kilogram.

Menurut Anies, operasi pasar dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, menekan laju inflasi, pengendalian kenaikan harga, serta memastikan ketiga stok bumbu dapur tersebut dalam jumlah stok yang cukup.

“Hari ini kita menyaksikan pemberangkatan 22 kendaraan yang akan melakukan operasi pasar. Jakarta memiliki ketergantungan pasokan pangan pada wilayah di luar Jakarta. Di sisi lain, harga yang terjadi di Jakarta memiliki implikasi nasional. Pada saat harga mengalami kenaikan, di situlah negara hadir dengan membawa pasokan tambahan untuk membuat harga menjadi stabil kembali. Jadi intervensi yang dilakukan dalam bentuk operasi pasar pasokan untuk cabai merah dan bawang putih adalah bagian untuk stabilisasi harga. Dan insyaAllah dengan operasi yang dilakukan ini, maka harga di Jakarta bisa lebih stabil,”ujar Anies.

- Advertisement -

Berikut 22 pasar lokasi operasi pasar cabai dan bawang putih di DKI Jakarta:

  1. Pasar Tomang Barat
  2. Pasar Kramat Jati
  3. Pasar Tanah Abang
  4. Pasar Jatinegara
  5. Pasar Kebayoran Lama
  6. Pasar Klender SS
  7. Pasar Senen
  8. Pasar Anyer Bahari
  9. Pasar Glodok
  10. Pasar Johar Baru
  11. Pasar Tebet Barat
  12. Pasar Pondok Labu
  13. Pasar Koja Baru
  14. Pasar Gondangdia
  15. Pasar Mampang Prapatan
  16. Pasar Petojo Ilir
  17. Pasar Kelapa Gading
  18. Pasar Cijantung
  19. Pasar Pulogadung
  20. Pasar Pal Merah
  21. Pasar Metro Atom
  22. Pasar Minggu
- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER