Sabtu, 27 April, 2024

Nadiem: Mulai Sekarang Kemendikbud Merayakan Semua Kegiatan dari Agama Manapun

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelat perayaan Imlek ke 2571/2020 mengangkat tema “Merawat Kebhinnekaan, Menjaga Ke-Indonesiaan” di Kantor Kemendikbud kawasan Senayan, Jakarta. Kamis (6/2/2020).

Saat memberikan sambutan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengapresiasi peran keturunan Tionghoa dalam sejarah Indonesia.

Menurut Nadiem, warga keturunan tionghoa tidak lepas dari sejarah kemerdekaan Indonesia. Bahkan kebudayaan Tionghoa sangat lekat dengan kehidupan orang Indonesia mulai dari makanan dan pakaian yang dikenakan sehari-hari.

“Bangsa Indonesia, Hubungan sejarah dengan keturunan Tionghoa luar biasa. Sejarah kita dengan aspek budaya kita hampir semuanya dipengaruhi mulai dari makanan kita makanan, jajanan kita sampai baju-baju dari semua jenis-jenis kebudayaan kita, bahkan kemerdekaan kita pun tidak luput dari kebersamaan warga Tionghoa,” kata Nadiem.

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ingin meyakinkan masyarakat Indonesia jika Kemendikbud akan selalu merayakan kegiatan keagamaan apapun setiap libur nasional.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ingin meyakinkan masyarakat bahwa setiap hari libur nasional dari berbagai macam agama, suku dan tradisi dan masing-masing itu bukan hanya untuk dirayakan bagi suku agama tersebut,” terangnya.

“Tapi mulai dari sekarang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merayakan semua kegiatan dari agama manapun karena kita itu Indonesia,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER