Jumat, 29 Maret, 2024

Jelang Pilwalkot 2020, Diskominfo Depok Minta Media Aktif Edukasi Masyarakat

MONITOR, Depok – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono meminta media berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi Pilwalkot Depok tahun 2020.

“Kita ketahui fungsi media, selain memberikan informasi, juga merupakan sebagai alat kontrol yang juga memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Sidik dalam acara diskusi “Peran Jurnalis dalam Menangkal Berita Hoax dan Memberikan Pemberitaan yang Objektif di Pilkada Kota Depok” di JPW Caffe, Grand Depok City, Sukmajaya, Kota Depok, Rabu (5/2).

Karena itu, Sidik berharap, dalam pagelaran Pilkada nanti, media mampu melaksanakan fungsinya, memberikan informasi yang jelas tentang para calon.

Hal itu jelas Sidik, guna memudahkan para calon pemilih bisa memiliki suatu pemahaman yang jelas.

- Advertisement -

“Jadi pemilih tidak asal milih nomor (kandidat). Mereka bisa berkontribusi karena merasa memiliki dan merasa punya tanggung jawab juga,” ujarnya.

Pada diskusi tersebut, Sidik juga meminta kepada masyarakat agar lebih jeli dalam memilah berita, dan jangan langsung di share sebelum memahami isinya. Menurutnya, berita yang diterima belum tentu menguntungkan bagi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi tidak semua berita yang kita teruskan itu menguntungkan NKRI. Makanya ini menjadi pertimbangan, suatu berita walaupun itu memang sehati dengan kita, satu pilihan dengan kita, belum tentu itu bisa menguntungkan bagi NKRI,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER