Temui Pimpinan DPR, Demokrat-PKS Serahkan Usulan Pembentukan Pansus Jiwasraya

Fraksi Partai Demokrat dan PKS DPR RI menemui pimpinan DPR (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Fraksi Partai Demokrat dan PKS DPR RI secara resmi menyerahkan usulan pembentukan panitia khusus (Pansus) terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya kepada pimpinan DPR, Selasa (4/2).

Dalam kesempatan itu, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan, usulan Pansus Jiwasraya bukan untuk menjatuhkan pemerintah.

“Jadi sebenarnya kami membikin Pansus ini bukan menjatuhkan pemerintah atau apa. Tetapi ingin membuka secara terang-benderang (kasus ini),” kata Jazuli dalam pertemuan yang diterima Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (4/2).

“Kemudian (agar) penegakan hukum objektif. Kemudian kita tidak ingin ambruk dunia industri sejenis,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Fraksi Demokrat berpandangan bahwa pembentukan Pansus Jiwasraya ini diajukan supaya permasalahan Jiwasraya ini bisa diusut tuntas, bukan hanya dari aspek keuangan, tapi juga penegakan hukumnya.

Karena itu, fraksi berlambang bintang mercy ini berharap Pansus ini bisa dibentuk.

“Ini keseriusan fraksi kami untuk mendalami, melakukan penyelidikan supaya kasus Jiwasraya terang-benderang. Supaya kasus Jiwasraya ini terkoordinasi dan tuntas,” tegas Herman Khaeron yang juga Kapoksi Partai Demokrat di Komisi VI DPR.

Sementara itu, Azis Syamsudin memastikan akan meneruskan usulan pembentukan Pansus Jiwasraya ini sesuai aturan yang berlaku. Selanjutnya, usulan tersebut nantinya akan dibawa ke rapat Bamus DPR untuk ditentukan jadwal pengambilan keputusan dalam rapat paripurna.

“Terima kasih, dan proses siang hari ini kami terima. Dalam penerimaan ini akan sesuai mekanisme sesuai tatib (tata tertib DPR), khususnya di Pasal 164, di mana hak-hak anggota Dewan yang bisa menggunakan hak itu ditandatangani lebih dari satu fraksi. Tentu ini akan menjadi perhatian pimpinan,” ucap Azis.