Gagal Tangani Corona, Pemerintah China Kini Larang Perdagangan Satwa Liar

Presiden China, Xi Jinping (dok: AFP)

MONITOR, Beijing – Wabah virus Corona menjadi ujian besar bagi pemerintahan China. Pernyataan ini diungkapkan Presiden China, Xi Jinping, sebagaimana diwartakan kantor berita resmi Xinhua.

Dari musibah ini, Xi Jinping meminta jajarannya terus mengevaluasi dan mengambil pelajaran dari penyebaran virus berbahaya Corona. Orang nomor satu di China ini bahkan mengakui kelemahan pemerintahannya belum mampu menangani epidemi ini.

Namun ia tak patah semangat. Xi Jinping terus menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan sisteem manajemen kedaruratan nasional China.

“Menanggapi kekurangan dan kelemahan yang terungkap dalam menanggapi epidemi ini, kita harus meningkatkan sistem manajemen kedaruratan nasional dan meningkatkan kemampuan kita dalam menangani tugas-tugas mendesak dan berbahaya,” ujar Xi Jinping, Senin (3/2) waktu setempat.

Saat ini, kata Xi Jinping, salah satu bidang yang ditangani oleh pemerintah China adalah perdagangan satwa liar ilegal. Sementara ini, pemerintah China melarang dengan tegas perdagangan satwa liar dan memperketat pengawasan pasar.