Kamis, 25 April, 2024

DPRD DKI Minta Halte Transjakarta Dilengkapi Toilet dan Mushola

MONITOR, Jakarta – Untuk memberikan rasa nyaman kepada pengguna kendaraan umum, DPRD DKI melalui Komisi B, meminta PT TransJakarta untuk melengkapi sejumlah fasilitas di setiap halte atau shelter Bus TransJakarta.

Fasilitas yang dimaksud tidak lain adalah adanya toilet dan Mushola.

“Kedua fasilitas itu sangat penting untuk kenyamanan pengguna moda transportasi Transjakarta. Terlebih jumlah penumpang Transjakarta terus meningkat tiap harinya,” ujar Ketua Komisi B DPRD DKI Abdul Aziz.

“Ini kebutuhan yang banyak diminta masyarakat, bagaimana halte bisa jadi tempat yang nyaman, ada tempat ibadah, ada toilet jadi penumpang gak harus keluar halte untuk mendapat fasilitas itu,”sambungnya.

Menanggapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PT Transjakarta Yoga Adiwinarto menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti penambahan fasilitas seperti yang diusulkan Komisi bidang perekonomian DPRD DKI.

Hingga kini PT TransJakarta, lanjut dia, memiliki sebanyak 278 shelter eksisting yang tersebar di seluruh Ibu Kota. Lima di antaranya telah memiliki musala dan toilet, seperti Shalter Glodok, Monas, Karet, Tendean, dan Patra Kuningan.

“Yang jelas tahun 2020 ini kami akan fokus untuk terus mengembangkan layanan dan juga memperbaiki fasilitas, karena memang ternyata ketika kami tambahkan fasilitas musala dan toilet justru minatnya sangat banyak teutama saat ibadah tiba, musala pasti dipenuhi pengunjung,” katanya.

Hanya saja, ia melanjutkan, penambahan dua fasilitas tersebut hanya dapat dibangun di shelter yang memiliki luas yang cukup. Sejauh ini, PT Transjakarta sudah menginventarisir untuk merevitalisasi dua shelter yang akan dilengkapi musala dan toilet.

Sementara, Yoga akan mengutamakan halte yang memiliki luas cukup besar dan banyak penumpangnya saat jam sibuk untuk direvitalisasi tahun ini salahsatunya Halte Slipi Petamburan.

“Dalam waktu dekat shelter yang akan kami revitalisasi ada dua, masing-masing Slipi dan Petamburan, ada penambahan musala dan toilet seperti permintaan dewan,”pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER