Jumat, 29 Maret, 2024

Akui Tebang 191 Pohon di Monas, Sekda DKI: Kami Ganti

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mengakui telah memangkas 191 pohon pada revitalisasi sisi selatan kawasan Monas, Jakarta Pusat. Sebagai gantinya Pemprov DKI kembali tanam 300 pohon di kawasan Monas.

Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, saat ini pihaknya telah mendapatkan laporan terkait pohon di kawasan Monas. Berdasarkan laporannya, ada pohon yang dipindahkan dan juga ada yang dipangkas karena tidak bisa dihindari dari revitalisasi.

“Ada 55 pohon dipindahkan ke sisi barat dan 30 ke sisi timur. Ternyata saat kita rapatkan ada 191 pohon yang ditebang,” kata Saefullah di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (4/2).

Saefullah menjelaskan dalam aturan, setiap satu pohon itu harus diganti tiga pohon atau satu banding tiga. Hal itu sesuai rumus yang diinginkan pemerintah. Sedangkan yang diinginkan masyarakat 1 banding 10. Untuk itu, sejak Minggu (2/2), pihaknya telah menanam 300 lebih di kawasan Monas dan sekitarnya sebagai pohon pengganti.

- Advertisement -

“jadi nebang pohon itu bukan pohon di surga, ini pohon di dunia kalau ditebang harus diganti. Iya kopensasi sudah ada dari aturan,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER