Senin, 20 Mei, 2024

Bantu Tangani Karhutla di Australia, Panglima TNI Kirim Satgas Garuda

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Indonesia mengirimkan Satuan Tugas (Satgas) Garuda RI untuk menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Australia. Sebelum menuju lokasi, mereka dilepas oleh Panglima TNI Masekal Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (1/2/2020).

Upacara tersebut dilakukan menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Skadud 32 Lanud Abdurahman Saleh. Hadi mengatakan, delegasi Satgas Garuda RI akan diperbantukan untuk membantu menangani masalah karhutla.

“Atas keputusan pemerintah TNI diperintahkan untuk mengirimkan pasukan guna membantu penanganan karhutla,” kata Hadi sebelum melepas rombongan delegasi.

“Saudara-saudara, para prajurit yang ada di hadapan saya, adalah duta-duta bangsa dan duta kemanusiaan yang ditugaskan untuk membantu Australia sebagai negara sahabat Indonesia. Tugas ini adalah tugas yang mulia dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan,” tegasnya.

- Advertisement -

Sebanyak 44 anggota Satgas Garuda terdiri dari 41 personel TNI, 1 orang Kementerian Luar Negeri dan 2 orang Badan Nasioan Penanggulangan Bencana (BNPB) diberangkatkan menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI AU untuk membuka dan membersihkan akses ke permukiman warga di distrik Eden, New South Wales, Australia.

Turut hadir dalam kegiatan ini Duta Besar Australia untuk Indonesia Garry Quinlan, Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman serta segenap pejabat TNI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER