Sabtu, 27 April, 2024

Korban Virus Corona Bertambah, WHO Tetapkan Status Darurat Kesehatan Dunia

MONITOR, Jenewa – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, akhirnya menetapkan status penyebaran virus Corona sebagai darurat kesehatan dunia. Dikutip dari Reuters, ini dilakukan menyusul sebanyak 13 negara sudah dinyatakan terpapar virus Corona, Kamis (30/1) waktu setempat.

Sementara itu, Pemerintah China pun melaporkan bahwa korban jiwa melonjak lagi menjadi 213 orang dan jumlah infeksi hampir 10.000.

Tedros mengimbau masyarakat negara lainnya, untuk mencegah upaya bepergian terutama ke wilayah China. Selain itu, ia mengingatkan agar masyarakat selayaknya memakai masker pelindung wajah.

Dalam konferensi pers, ia mengatakan salah satu alasan utamanya mendeklarasikan kondisi ini karena khawatir tentang penyebaran virus Corona ke negara-negara yang tidak memiliki sumber daya untuk menghadapinya.

- Advertisement -

“Alasan utama deklarasi ini bukan karena apa yang terjadi di Tiongkok tetapi karena apa yang terjadi di negara lain. Kekhawatiran terbesar kami adalah potensi penyebaran virus ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah,” papar Tedros.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER