Jokowi Putuskan Evakuasi WNI di Provinsi Hubei China

Presiden Joko Widodo konferensi pers di Istana

MONITOR, Jakarta – Ditengah situasi yang genting akibat wabah virus Corona, Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Hubei, Tiongkok.

Keputusan itu diutarakan Presiden Joko Widodo usai bertemu dengan beberapa menteri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana di ruang tunggu Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (30/1) sore.

Jokowi mengatakan, Provinsi Hubei merupakan salah satu daerah yang diisolasi pemerintah China karena terjangkitnya virus Corona di negara itu.

“Dari pertemuan terbatas ini, saya memutuskan untuk segera mengevakuasi Warga Negara Indonesia yang berada di Provinsi Hubei, Tiongkok, daerah yang sedang diisolasi oleh pemerintah RRT karena wabah virus korona,” ujar Jokowi, Jumat (31/1).

Sebagaimana diketahui, pemerintah Indonesia sebelumnya melalui Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa menjemput ratusan WNI yang berada di China, khususnya Wuhan, lantaran pemerintah setempat telah mengkarantina semua warga disana.

Atas dasar itulah, pemerintah Indonesia tidak mampu secepatnya mengambil tindak upaya penjemputan bagi ratusan WNI disana.