Sabtu, 20 April, 2024

Pertamina Gelar Berbagai Lomba Keselamatan Kerja di Ajang HSSE Ewako

MONITOR, Jakarta – Sebagai perusahaan yang berperan dalam menunjang kebutuhan energi dan menjalankan roda perekonomian bangsa Indonesia, PT Pertamina (Persero) dituntut untuk selalu meningkatkan kinerja dan peran yang maksimal dalam setiap proses bisnisnya.

Namun, hal ini tentulah tidak lepas dari potensi risiko yang selalu ada pada setiap kegiatan, salah satunya adalah risiko keselamatan kerja dan keselamatan operasi. 

Di  Marketing Operation Region (MOR) VII, Fungsi HSSE sebagai bagian yang berperan dalam pembinaan terhadap pengelolaan risiko tersebut dituntut untuk selalu aktif dalam memastikan implementasi praktik kerja aman pada setiap proses bisnis yang dijalankan di perusahaan.

Fungsi ini secara rutin mengadakan kegiatan Health, Safety, Security and Environment (HSSE) Ewako dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional. Di mana Tahun 2020 ini adalah kali keempat diselenggarakannya event ini.

- Advertisement -

Beberapa bentuk kegiatannya adalah lomba Fire Combat, Incident Investigation, Working at Height, Confined Space Rescue & Medical Evaluation, Safety Riding and Driving yang diikuti pekerja, mitra kerja, vendor dan kontraktor Pertamina MOR VII.

Menurut General Manager Pertamina MOR VII, Chairul Alfian Adin, salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam terjadinya sebuah insiden, yaitu kurangnya pengetahuan dan pengalaman pekerja dalam memahami dan mengelola risiko pada aktivitasnya sendiri dan juga lingkungannya.

“Untuk itulah kesadaran akan pentingnya HSSE terus dibangun di lingkungan Pertamina,” ujarnya.

Tidak hanya itu, masih menurut Chairul, lomba yang dipertandingkan pada HSSE Ewako ini juga bertujuan untuk mengedukasi semua pihak dalam lingkungan Pertamina untuk melakukan pengelolaan risiko yang sering ditemui tidak hanya di lingkungan pekerjaan namun di lingkungan rumah tangga seperti pada arena Electrical Wiring and Installation yang memberikan pengalaman edukasi berharga bagi setiap peserta.

“Ujungnta dapat melakukan pengelolaan pekerjaan kelistrikan dan penggunaan alat secara aman,” ujar Chairul. 

Kegiatan HSSE Ewako merupakan salah satu bentuk upaya MOR VII untuk dapat memberikan manfaat edukasi, pengalaman dan kompetensi kepada setiap pihak yang berpartisipasi untuk kemudian menularkan pengalaman positif kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan lingkungannya untuk senantiasa mengutamakan keselamatan sesuai dengan tata nilai HSSE Golden Rules dari Pertamina, Patuh, Intervensi dan Peduli.

“Karena keselamatan dan kesehatan dalam lingkungan kerja semua bermula dari kepedulian diri kita sendiri,” tutup Chairul.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER