KJRI Istanbul Sambut Baik Pendirian Perusahaan Distribusi Arang Kelapa di Turki

Prtemuan Ketua Umum Perpaki dengan KJRI Istanbul beberapa hari yang lalu (Foto: Istimewa)

MONITOR, Istambul – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul menyambut baik pendirian perusahaan distribusi asal Indonesia di Istanbul yang bergerak di bidang penyaluran hasil produk briket arang kelapa binaan Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI).

KJRI menyebut perusahaan yang diberi nama Kaya Sinerji Ltd ini menjadi bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan hubungan ekonomi Indonesia-Turki.

“KJRI Istanbul berkeyakinan bahwa dengan hadirnya perusahaan tersebut di Istanbul akan menjadi solusi bagi kendala-kendala yang sering dialami oleh para pengusaha Turki untuk memenuhi permintaan masyarakat setempat akan arang,” tulis KJRI dalam keterangan resminya Rabu (21/1) pekan lalu.

Di sisi lain, bagi KJRI Istanbul, Indonesia bakal diuntungkan dengan meningkatnya angka ekspor serta adanya diversifikasi produk Indonesia yang mampu menembus ke pasar non-tradisional, terutama produk briket arang kelapa.

Sebagai upaya awal peningkatan ekspor arang Indonesia, PERPAKI akan melakukan ekspor perdana 1 container 20 feet atau setara dengan 18 ton dengan nilai di level retail sekitar USD 51.000 yang rencananya akan tiba di Istanbul pada bulan April 2020. Seiring dengan waktu, nilai ekspor ini diprediksi akan mencapai jumlah 3 – 10 container perbulan

Sebagai informasi, kebutuhan Turki akan arang berjumlah 350.000 Mt setiap tahunnya. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan peningkatan budaya konsumsi shisha di Turki.

PERPAKI pun memastikan langkah progresif ini akan memudahkan kebutuhan arang kelapa di Turki. Semisal, dengan kehadiran kami di Turki maka pengusaha Turki akan terbebas dari * minimum order quantity , lamanya delivery time, lamanya perputaran modal kerja, resiko pembayaran dan ketidakpastian standar kualitas*

Perkumpulan Pengusaha Arang Kelapa Indonesia (PERPAKI) membuat langkah progresif dalam meningkatkan perdagangan produk briket arang kelapa Indonesia di Turki. Lewat relasi dan koneksi yang dimiliki anggotanya, PERPAKI mulai resmi hadir di Turki dengan mendirikan perusahaan Joint Venture bernama Kaya Sinerji Ltd.

“PERPAKI ingin memastikan kemudahan bagi para pengusaha Turki untuk berbisnis, mendistribusikan dan mengkonsumsi produk briket arang kelapa Indonesia,” jelas Ketua Umum PERPAKI Yogi Abimanyu dalam rilis yang disampaikannya, Sabtu (25/1) kemarin.
 
Taufan Algivary, anggota PERPAKI yang menjadi salah satu pemilik saham Kaya Sinerji Ltd mengaku langkah Perpaki ini akan sangat membantu para pengusaha Turki dalam pengadaan produk briket. Taufan bahkan optimistis terobosan ini akan membuat perdagangan mengalami lonjakan signifikan.