Tinjau Kapal Selam KRI Alugoro-405, Begini Mimpi Besar Jokowi

Presiden Joko Widodo meninjau KRI Alugoro-405, kapal selam buatan PT PAL Indonesia (dok: Instagram)

MONITOR, Surabaya – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia dan meninjau langsung kapal selam KRI Alugoro-405, Senin (27/1). Keberhasilan pembangunan kapal selam Alugoro menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.

Diketahui, KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam buatan PT PAL Indonesia (Persero) kerja sama dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering, Korea Selatan.

“Saya memasuki kapal selam yang tengah bersandar di tepi dermaga PAL di Surabaya ini. Wah, canggih,” puji Jokowi saat meninjau kapal selam tersebut.

Kapal selam ini memiliki panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot, dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot. Kabarnya, KRI Alugoro-405 memiliki transfer teknologi di dalamnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap agar suatu saat bangsa Indonesia bisa membangun kapal selam secara sendiri, tanpa bergantung dengan negara lain.

“Saya berharap pada suatu titik kita bisa membangun kapal selam secara mandiri, oleh anak-anak bangsa sendiri,” pungkasnya.