Rektor UIN Banten Tekankan Kualitas Akademik di Kelulusan Mahasiswa Baru Pascasarjana

Rapat pleno penentuan kelulusan mahasiswa program doktoral dan magister di kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten (dok; istimewa)

MONITOR, Jakarta – Penyaringan penerimaan mahasiswa baru di kampus Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten sangat penting. Hal itu diungkapkan Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Prof. Dr. Fauzul Iman, pada pembukaan rapat pleno penentuan kelulusan mahasiswa program doktoral dan magister yang berlangsung di ruangan rapat rektorat kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

“Saya selaku rektor mengapresiasi kepada Program Pascasarjana, terutama pada Direktur Pascasarjana dan segenap jajarannya yang telah bekerja maksimal dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Namun, saya menekankan bahwa dalam penerimaan mahasiswa baru ini harus diperhatikan secara ketat aspek akademik dari para calon mahasiswa, baik program magister maupun program doktoral,” ujar Prof. Fauzul Iman, Senin (27/1).

Menurutnya, penguatan kualitas dalam hal akademik bagi calon mahasiswa baru pascarjana sangat penting mengingat program magister dan doktoral akan menjadi ilmuwan sebagaimana yang ditekan dalam KKNI, terutama standar sembilan yang menekankan kemampuan pengembangan riset secara lebih mendalam.

“Sudah sangat jelas sekali mengenai posisi, proses, dan tujuan pembelajaran di pascarjana, khususnya pada program magister dan doktoral yang harus bertumpu pada standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, khususnya pada standar untuk menciptakan para ahli dan ilmuwan yang handal yang mampu memadukan berbagai pendekatan, baik inter, multi, maupun transdisipliner pengetahuan, secara eksplisit standar KKNI tersebut masuk pada jenjang atau level sembilan,” terangnya.

Diketahui, rapat tersebut memutuskan bahwa calon mahasiswa yang lulus ujian program magister (S2) sebanyak 76 orang pada program studi prodi Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Hukum Keluarga Islam, Ekonomi Syariah, dan Pendidikan Bahasa Arab.

Sementara program doktor (S3) 25 orang prodi Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam. Tes tes masuk S2 dan S3 diselenggarakan pada 22, 23, dan 24 Januari 2020. Seleksi program S2 diikuti 80 orang dan S3 33 orang dari 37 orang pendaftar.

Rapat ini dihadiri oleh guru besar, Prof. Syibli Syarjaya, LML, MM. Para wakil rektor juga hadir yaitu wakil rektor bidang akademik, Prof. Ilzamudin, wakil rektor bidang administrasi dan keuangan, Prof. E. Syarifuddin, dan wakil rektor bidang kemahasiswaan, Dr. Wawan Wahyudin, M.Pd. segenap jajaran PPs juga hadir dalam rapat tersebut yaitu Direktur Program Pascasarjana, Prof.H.B Syafuri, Wakil Direktur Program Pascasarjana Dr H Naf’an Tarihoran, dan juga kepala biro Akademik, para ketua program studi, dan sekretaris pogram studi di program Pascasarjana.

Adapun pengumuman kelulusan dapat mengakses www.pmb-pasca.uinbanten.ac.id. Bagi para peserta yang lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik untuk program doktoral maupun magister harus segera melakukan pendaftaran ulang dengan membayar pendaftaran sebagaimana telah ditentukan oleh lembaga pada 29 Januari hingga 5 Februari 2020. Masa orientasi mahasiswa baru akan dilaksanajan pada tanggal 13-15 Februari dan awal perkuliahan akan diselenggarakan pada 17 Februari 2020.