Jumat, 29 Maret, 2024

Ratusan Pelajar SMK Madhya Depok Ikuti Pembekalan Wawasan Kebangsaan

MONITOR, Depok – Ratusan pelajar SMK Madhya Depok mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan (Wasbang) dan bela negara (Belneg) yang digelar Koramil 06/Cimanggis di aula sekolah tersebut, Jalan Raya Leuwinanggung, Tapos, Kota Depok, Selasa (28/1).

Danramil 06/Cimanggis Mayor Kav Imam Purwanto selaku pemberi materi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pembinaan teritorial (wilayah), guna mendukung program pemerintah dalam mengimplentasikan nilai-nilai pancasila, jiwa karsa, rasa cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta patriotisme bagi kalangan pelajar.

”Tujuan dari kegiatan ini tidak lain untuk membentuk karakter pelajar agar disiplin, setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa agar senantiasa tetap menjaga keutuhan NKRI,” kata Imam kepada MONITOR di Leuwinanggung, Selasa (28/1).

Menurut Imam, pembekalan wasbang dan belneg yang diberikan ke pelajar, tidak terbatas kepada membela negara dari ancaman militer negara lain.

- Advertisement -

Tetapi, kata dia, bela negara yang dimaksud yakni membela negara dari serangan kebodohan, kemiskinan, kemunduran, ketidak-adilan, perpecahan, korupsi, kolusi, nepotisme dan lainnya yang menghambat kemajuan bangsa dan negara.

Karena itu, lanjut dia, wasbang dan belneg harus senantiasa ditanamkan kepada pelajar, agar natinya generasi muda memiliki semangat Nasionalisme.

“Semoga kegiatan yang kami berikan hari ini mampu menjadikan mereka (pelajar) sebagai generasi yang handal, baik secara fisik maupun mental,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER