Ditolak Warga Sumbar, Ratusan Turis China Akan Dipulangkan

Ratusan turis dari China tiba di Bandara internasional Minangkabau Padang (dok: Goriau)

MONITOR, Jakarta – Ratusan turis dari China mendapat penolakan dari masyarakat saat memasuki wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Padahal, kedatangan mereka sempat disambut oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, di Bandara Internasional Minangkabau Padang, Minggu, 26 Januari 2020.

Mereka ditolak ditengah beredarnya kabar heboh tentang penyebaran virus Corona yang berasal dari Wuhan, China. Masyarakat terang-terangan menolak karena khawatir para virus bisa menularkan virus tersebut.

Keadaan ini tak luput dari pantauan Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat, Andre Rosiade. Ia mengaku sebelumnya telah berkomunikasi dengan Wagub Sumbar Nasrul Abit.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Saya sudah komunikasi dengan pak Nasrul Abit Wagub Sumbar,” kata Andre Rosiade belum lama ini.

Andre menjelaskan, para turis China akan segera dipulangkan ke negara mereka. Saat ini, kepulangan mereka tengah diurus oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

“Beliau sudah memerintahkan Dinas Pariwisata untuk segera mengurus kepulangan Turis Cina kembali ke negara mereka. Demi ketentraman masyarakat Sumbar dan keselamatan dari ancaman Virus Corona,” terang Anggota DPR RI dapil Sumbar ini.

Sementara itu diketahui, ratusan wisatawan China sementara waktu diinapkan oleh biro travel mereka di salah satu hotel di Padang, usai adanya keresahan dan kekhawatiran dari sejumlah pihak.