DPD Minta Pemerintah Sigap Pencegahan Virus Corona Hingga Daerah

MONITOR, Jakarta – Ketua Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Gusti Farid Hasan Aman berharap pemerintah untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan pencegahan penularan.

Terlebih, disetiap pintu masuk atau perbatasan perlintasan manusia ke dari luar negeri.

“Kami di BKSP DPD RI berharap Indonesia terus meningkatkan kesiapsiagaan pencegahan penularan. Terutama di berbagai pintu masuk, di Bandara dan pelabuhan, tentu dengan tetap memberikan rasa nyaman dan aman,” kata Gusti Farid dalam keterangan tertulisnya, Minggu (26/1).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Sebagaimana disampaikan World Health Organization (WHO), pada (31/12) bahwa telah terjadi beberapa kasus pneumonia di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China yang kemudian terkonfirmasi sebagai penyakit yang disebabkan Virus Corona.

Dalam sepekan terakhir,  pemerintah Malaysia, Singapura, Vietnam, Perancis dan Amerika Serikat telah mengumumkan ditemukannya penderita Virus Corona di negara mereka.

“Dunia kita semakin terintegrasi, sehingga potensi penyebarannya tidak bisa kita abaikan, karena pergerakan manusia lintas batas,” ujarnya.

Oleh karena itu, imbuh Gusti Farid, pihaknya akan terus melihat perkembangan ini dan berharap kerja sama dan koordinasi kesehatan di ASEAN terus dijalankan.

“Banyak daerah di Indonesia yang berbatasan dengan negara ASEAN dan kita tengah mendorong pariwisata ke berbagai daerah, jadi perlu koordinasi untuk pencegahannya,” pungkasnya.