Tunjang Kualitas, Nadiem Janjikan Penelitian bagi Dosen dan Mahasiswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran paket kebijakan "Kampus Merdeka" (dok: Satria Sabda)

MONITOR, Jakarta – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pihaknya akan menyiapkan program khusus bagi para dosen dan mahasiswa agar bisa melakukan penelitian secara intens.

Program tersebut, kata Nadiem, tujuannya untuk meningkatkan kualitas penelitian para dosen dan mahasiswa, sebab waktu penelitian akan ditambah menjadi enam bulan atau satu semester.

“Apakah ini akan sama dengan Vokasi, tentu tidak karena semua program kerja nya tersebut bisa seperti projek desa, Magang dibidang nonprovit, bisa melakukan penelitian,” ujar Nadiem Makarim saat ditemui MONITOR, di Auditorium Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (24/1).

Widget Situasi Terkini COVID-19

Dari program tersebut, nadiem berharap para dosen bisa sekaligus membimbing mahasiswa agar meningkatkan kapasitasnya di dunia nyata.

“Dosen-dosen juga akan membina mahasiswa dalam satu semester atau dua semester, diluar itu mereka juga akan meningkatkan kapasitas juga exposure di dunia nyata,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria menjelaskan, dengan adanya peluncuran empat kebijakan tersebut mampu menjawab tantangan dengan dapat menghasilkan riset-riset yang semakin unggul.

‚ÄúDengan adanya fleksibilitas inilah maka pendekatan-pendekatan disiplin dalam riset akan semakin terbuka dan justru akan menghasilkan yang lebih transformatif karena dapat menjawab persoalan dengan perspektif yang lebih luas tentang bidang yang ditekuni,” kata Arief di lokasi yang sama.