Gaet Hungaria, Jokowi Bidik Program Beasiswa hingga Pengembangan RS Militer

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orbán ke Istana Negara (dok: instagram)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Indonesia tengah menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Hungaria. Ini dilakukan setelah kunjungan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orbán ke Istana Negara, Jumat (24/1).

Kabar ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui laman resminya. Jokowi mengatakan, ada banyak sinergi program yang bakal dilakukan antara Pemerintah Indonesia dengan Hungaria, salah satunya yakni penyediaan air bersih.

“Kami membahas kerja sama di sejumlah bidang. Di antaranya tentang proyek penyediaan air bersih yang sudah selesai Desember 2019 dan diimplementasikan di 36 daerah di 12 provinsi di Indonesia,” terang Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengungkapkan pemerintah Hungaria menyediakan 100 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Ditambah lagi, kata Jokowi, adanya kerjasama di bidang olahraga dan proses penyediaan visa.

“Hungaria juga berkomitmen untuk menyederhanakan proses visa bagi warga negara Indonesia. Adapun di bidang olahraga, kita bekerja sama dalam pelatihan pemain sepakbola Indonesia di Hungaria,” kata Jokowi.

Bahkan, dikatakan Jokowi, Hungaria juga menawarkan kerja sama membangun rumah sakit yang berfokus kepada terapi kanker, onkologi, dan pengembangan rumah sakit militer.