Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Depok Imbau Warga Tak Buang Sampah ke Kali

Satgas Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok bersihkan sampah dan lumpur di Kali Cabang Tengah. (Foto: Boy Rivalio)

MONITOR, Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan, terutama dalam membuang sampah pada tempatnya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi bencana banjir ketika memasuki musim penghujan.

“Saat ini telah musim hujan yang mana volume air akan meningkat. Untuk itu kesadaran masyarakat harus terus kita bangun,” kata Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi di Balai Kota, Jumat (24/01)

Menurut Dadan, terdapat beberapa lokasi yang kerap terjadi penumpukan sampah. Diantaranya di Kali Laya Kecamatan Cimanggis, Kali Cabang Timur di Balai Kota, Kali Pesanggrahan Kelurahan Pasir Putih dan Kali Cabang Tengah di Kelurahan Mampang.

“Sudah kami bersihkan, besoknya menumpuk lagi (sampah). Untuk itu kesadaran masyarakat perlu kita tingkatkan agar banjir tidak menjadi ancaman untuk kita semua,” ujarnya.

Karena itu, untuk mengatasi penumpukan sampah di beberapa aliran kali tersebut, kata Dadan, pihaknya juga telah menyiagakan sejumlah Satuan Tugas (Satgas) yang setiap hari bertugas melakukan pembersihan.

“Ini merupakan kegiatan rutin Satgas DPUPR. Setiap hari ada yang bertugas mengangkat sampah di kali, terutama di saluran outlet,” pungkasnya.