Sabtu, 20 April, 2024

Penampakan Tumbang Samba, Jembatan Cantik Buatan Jokowi yang Bentangi Sungai Katingan

MONITOR, Katingan – Pemerintah terus menggenjot pembangunan infrastruktur di wilayah Kalimantan. Terbaru, Presiden Joko Widodo memamerkan sebuah jembatan cantik yang membentang diatas Sungai Katingan di Kecamatan Katingan Tengah, Kalimantan Tengah.

Jembatan Tumbang Samba, begitulah Jokowi memperkenalkannya. Jembatan ini memiliki baja pelengkung berwarna merah dan batang-batang besi penyangga yang rapi bersilangan.

Selain itu, diketahui jembatan ini memiliki panjangnya 843,2 meter, termasuk bentang tengah 108 meter yang dilengkapi dengan jembatan penghubung dan jalan pendekat pada kedua sisi. Tak heran, Jokowi menjulukinya sebagai jembatan terpanjang di lintas tengah Kalimantan.

Dalam laman resminya, Jokowi menjelaskan adapun struktur pelengkung baja bentang tengahnya seberat 450 ton dikerjakan di Pabrik PT Wika Beton di Subang, Jawa Barat.

- Advertisement -

“Saya berharap pembangunan Jembatan Tumbang Samba yang dimulai tahun 2017 itu segera rampung untuk membuka kawasan terisolir di Utara Katingan, dan melengkapi jaringan jalan nasional dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Barat dan sebaliknya,” kata Jokowi pagi ini, Kamis (23/1).

Ia berharap, dengan terhubungnya Lintas Tengah Kalimantan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan karena di sekitarnya terdapat perkebunan dan pertambangan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER