Direktur PTKI Apresiasi Rencana Gelaran PW PTK ke-15 di Palembang

Direktur PTKI Kemenag RI, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag memberikan sambutan (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Pada awal tahun 2020 ini, Forum Warek/Waket III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama berencana menyusun kegiatan nasional Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK). Rencana kegiatan itu pun menuai apresiasi dari Direktur PTKI Kemenag RI, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag.

Dalam pelaksanaan PW PTK ke 15 ini, Arskal menuturkan perlu ada perubahan dan inovasi PW PTK karena sudah 15 kali.

“PW PTK sebaiknya sebelum PBAK. Usahakan PW PTK kali ini melibatkan Pramuka tingkat ASEAN. Hal ini bisa di tracking, mengingat Palembang sudah pernah menyelenggarakan ASEAN Games,” ujar Arskal di Jakarta, Selasa (22/1).

Dalam pertemuan Forum Warek III ini, mereka juga mengevaluasi kegiatan bidang kemahasiswaan dan kerjasama. Ada beberapa kegiatan besar tahun 2019 seperti Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) di UIN Malang, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) PTKI dan Student Mobility Program PTKI.

Sementara itu, Rektor UIN Palembang Prof. Dr. H. M. Sirozi, Ph.D, mengungkapkan kegembiraannya lantaran kampusnya ditunjuk sebagai tuan rumah gelaran PW PTK nanti.

“Kami sangat bahagia atas kehadiran warek/waket III se Indonesia. Dan kami merasa mendapatkan amanah menjadi tuan rumah PW PTK dan direncanakan PW PTK kali ini akan dihadiri Pramuka tingkat ASEAN,” ujar Sirozi.

Ia menjelaskan, sebagaimana rencana kegiatan PW PTK 15 akan dilaksanakan di lahan kampus C UIN Palembang luasnya 108 Hektar.

“Kita sudah plot 10 Ha untuk lokasi PW. Jarak tempuh dari Bandara ke lokasi perkemahan 30 Menit. Direncanakan akan melibatkan kurang lebih 4.000 peserta dari seluruh Indonesia dan beberapa Negara Asia,” terangnya.