Kemenag Siap Berbagi Pengalaman Dirikan LAM dengan Kemenhub

Direktur PTKI Kemenag, Prof. Dr. M Arskal Salim GP, M.Ag saat menerima kunjungan Kemenhub RI di Ruangan Kerjanya, Selasa (Foto: Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama (Kemenag) RI, Arskal Salim GP menerima kunjungan dari perwakilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (21/1).

Pertemuan tersebut digelar guna meningkatkan sinergi antara kedua kementerian dalam upaya pendirian Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Pemerintah Transportasi yang kini tengah dalam proses.

Dalam kesempatan tersebut, Arskal menuturkan, LAM yang tengah dalam proses pendirian oleh Kementerian perhubungan idealnya memadukan antara standar penjaminan mutu internasional yang sudah ada.

“LAM Transportasi ini bagusnya men- combine dengan standar penjaminan mutu internasional yang sudah ada, dari segi penganggaran, harus jelas bahwa LAM Pemerintah boleh menggunakan anggaran pemerintah,” tutur Arskal dihadapan perwakilan Kemenhub.

Pertemuan tersebut akhirnya membuahkan hasil, diantaranya rencana pendirian Tim Task Force yang akan dibentuk pada Februari mendatang, dan akan melibatkan Kemenhub, Kemendikbud, BAN-PT dan Kemenag.

Untuk Kemenag, Kemenhub akan melibatkan tim ekspert dari Kemenag untuk membantu dan sharing pengalaman pendirian LAM Keagamaan yang sudah diinisiasi Kemenag sejak 2017.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Adib Abdushomad yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menyarankan, dari segi anggaran pendirian LAM Transportasi tersebut harus jelas, dimana LAM ini benar-benar bisa menggunakan anggaran Kemenhub.

Pasalnya, kata dia, belajar dari kasus anggaran BAN-PT yang tidak bisa mengakomodir seluruh kebutuhan akreditas akan berimbas pada mangkraknya perguruan tinggi yang tidak berada di bawah Kemendikbud.

“LAM Pemerintah Transportasi ini secara penganggaran dibunyikan dengan jelas bahwa anggaran ada di Kemenhub. Belajar dari kasus anggaran BAN-PT yang tidak bisa mengakomodir seluruh kebutuhan akreditasi,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan akan mendirikan LAM Pemerintah Transportasi dan rencana tersebut telah tertuang dalam Rencana Kerja Pendirian LAM Transportasi pada 2020.

LAM tersebut merupakan kesepakatan dari unit-unit pendidikan di Kementerian Perhubungan guna melakukan akselerasi dan upaya peningkatan mutu standar pendidikan di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Hadir dalam pertemuan ini diantaranya Direktur PTKI, Arskal Salim GP, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat PTKI, Adib Abdushomad, Kepala Sub Bidang Standarisasi Pendidikan Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Parjan dan Staf Kementerian Perhubungan. (hns)