FST UIN SGD Jajaki Kerjasama Tridharma PT dengan FST UMB

Penandatanganan MoU dilakukan antara Dekan FST UIN SGD Bandung, Dr. Hasniah Aliah, M.Si dengan Dekan FST UMB, Dr. Pranoto Hidaya Rusmin, ST., MT,

MONITOR, Bandung – Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN SGD Bandung menjalin kerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB) dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. Sinergi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas akademik dan mutu pembelajaran.

Adapun penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan antara Dekan FST UIN SGD Bandung, Dr. Hasniah Aliah, M.Si  dengan Dekan FST UMB, Dr. Pranoto Hidaya Rusmin, ST., MT, di Aula FST, Jl. A.H. Nasution No 105 Cipadung, Cibiru Kota Bandung, Kamis (16/1).

Dekan FST, Dr. Hj. Hasniah Aliah, menjelaskan penandatanganan naskah kerja sama ini, merupakan tindak lanjut dari MoU sebelumnya yang telah dilakukan di UMB. Kedua belah pihak sepakat melakukan perjanjian kerja sama strategis untuk meningkatkan kualitas akademik terutama dalam mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi, yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Widget Situasi Terkini COVID-19



Ia menuturkaan, pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama ini sebagai langkah awal positif dalam rangka meningkatkan kualitas akademik masing-masing institusi.

“Kami sangat senang, dan merupakan kehormatan bisa kerja sama dengan UMB sebagai awal yang baik untuk menjalin dan meningkatkan mutu akademik,” ujarnya.

Selanjutnya ia berharap kerjasama ini tidak sebatas tanda tangan diatas kertas, tapi harus ada tindak lanjut yang lebih nyata untuk mengimplementasikan dokumen-dokumen yang sudah di sepakti bersama. Ia meminta agar dokumen kerja sama lebih bersipat general (umum) menyangkut Implementasi tridharma perguruan tinggi.

“Sebelumnya, ke jurusan sudah masuk dokumen kerja sama praktikum fisika dasar, kedepan kami minta lebih general lagi menyangkut pertukaran nara sumber, dosen atau melakukan kolaborasi riset juga pengabdian bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Dr. Pranoto mengatakan MoU ini merupakan peluang bagus untuk kerja sama positif guna merealisasikan tri dharma perguruan tinggi, demi meningkatkan kualitas dan kemajuan bersama.

“momentum  kerja sama  ini sudah lama saya tunggu, alhamdulillah kita bisa sepakat jalin kerjasama, semoga tidak hanya menyangkut praktikum tetapi kerjasama lebih luas lagi demi kemaslahatan dan kemajuan instusi masing-masing,” ungkapnya.

Perjanjian kerjasama ini dihadiri Dr. Yudha Satya Pekasa, M.Si (Wakil Dekan I Bidang Akademik), Dr. Elis Ratna Wulan, S.Si, MT (Wakil Dekan II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan), dan Dr. H. Aep Saepuloh, M.Si (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama), Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan FST UIN SGD Bandung.

Ditambahkan Dr. H. Aep, ia merasa optimis dengan adanya nota kesepahaman antara kedua belah pihak yang diharapkan dapat menjadi momen penting dan strategis untuk berkolaborasi di berbagai bidang, termasuk mengelaborasi potensi masing-masing demi meningkatkan kualitas akademik dan kemajuan kedua institusi.

“Kami berharap kerjasama ini bukan hanya sebatas seremonial belaka tetapi harus ada tindakan nyata, guna merelisasikan dokumen perjanjian bersama yang telah di sepakati kedua belah pihak,” katanya.

Acara MoU dilanjutkan dengan diskusi bersama yang dipandu oleh Dr. Aep untuk saling memberikan gagasan, ide, masukan agar bisa melakukan program kerja bersama dalam meningakatkan khazanah Islam.

“Melalui diskusi bersama ini kita berharap dengan menggali segala potensi yang dimiliki mahasiswa, dosen, dapat melakukan pertukaran dosen, karya mahasiswa dan dosen dalam melakukan publikasi ilmiah pada jurnal terakreditasi, bereputasi global, sehingga mendorong lahirnya cendekiawan, pemikir sains Islam,” pungkasnya.