Selasa, 16 April, 2024

Peringati Hari K3, Anies: Keselamatan dan Kesehatan Adalah Prioritas

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta punya perhatian besar terhadap keselamatan semua pekerja. Hal ini bisa dilihat dari pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyatakan, bahwa keselamatan dan kesehatan kerja harus menjadi prioritas utama.

“Hari ini Pemprov DKI Jakarta melaksanakan Upacara Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang arahannya diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan mengenai pentingnya K3. Saya garis bawahi di sini, bahwa apapun yang dikerjakan dalam proyek apapun, dalam kegiatan apapun, keselamatan dan kesehatan adalah prioritas yang utama,” ujar Anies.

Anies pun berharap agar pencanangan Bulan K3 ini bukan hanya seremonial, melainkan perlu ditumbuhkan kesadaran pekerja yang diwujudkan dalam langkah-langkah nyata.

“Saya sampaikan kepada semua, ini adalah pencanangan Bulan K3, tapi jangan jadi seremonial saja. Pencanangannya memang upacara, tapi kesadarannya itu harus diwujudkan dalam langkah nyata di tempat kerja, juga di antara rumah dan tempat kerja. Soal keselamatan, kesehatan itu bukan soal kecil, itu soal paling utama. Safety first, nomor satu adalah keselamatan. Ini harus kita tumbuhkan sama-sama, sehingga kesadaran soal keselamatan itu benar-benar hadir,” jelas Anies.

- Advertisement -

Menurut Anies, pelaksanaan kegiatan K3, diharapkan menjadi upaya mendorong partisipasi aktif masyarakat pekerja, pengusaha, dan kelompok masyarakat lainnya dalam mengimplementasikan K3 dalam setiap aktivitas kerja; serta menjadikan K3 sebagai kebutuhan dasar dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja. Sementara sasaran yang ingin dicapai meliputi turunnya tingkat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, terciptanya tempat kerja yang aman, nyaman dan efisien untuk mendorong produktivitas, dan terwujudnya kemandirian masyarakat berbudaya K3.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Upacara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang sekaligus membuka rangkaian kegiatan Bulan K3 DKI Jakarta 2020, di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Jumat (17/1).

Kegiatan Upacara Bulan K3 ini merupakan tindak lanjut Surat Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional tahun 2020. Tepat 50 tahun, sejak UU Keselamatan Kerja Nomor 1 Tahun 1970 dicanangkan, tahun 2020 ini merupakan momen yang tepat untuk mewujudkan masyarakat Jakarta yang mandiri dan berbudaya K3.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER