Tingkatkan Mutu dan Kualitas, Dua STAIN Akan Berubah jadi IAIN

Kegiatan harmonisasi PTKI dengan lembaga terkait (dok: humas Ditjen PTKI)

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas PTKI, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam terus berusaha melakukan upaya-upaya dalam menunjang hal tersebut. Salah satunya dengan adanya transformasi perubahan bentuk Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri menjadi Institut Agama Islam Negeri.

Dua lembaga tersebut adalah STAIN Gajah Putih Takengon dan STAIN Sorong. Keduanya akan bertransformasi menjadi IAIN setelah turunnya persetujuan permohonan ijin prakarsa penyusunan atas rancangan perpres tentang IAIN Sorong dan IAIN Gajah Putih Takengon.

Direktur Harmonisasi Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI, Bunyamin menuturkan, surat harmonisasi ini sebagai dasar untuk penetapan Perpes terkait dengan perubahan bentuk STAIN menjadi IAIN.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Arskal Salim meminta kepada masing-masing pimpinan untuk segera melakukan percepatan penguatan Sumber Daya Manusia khususnya bagi para dosen yang sedang menjalankan tugas belajar.

“Mereka harus segera lulus dan kembali ke kampus untuk bertugas dalam rangka mengamalkan ilmunya dan tentu untuk meningkatkan mutu dan kualitas lembaga,” ujar Arskal saat para pimpinan berkunjung di ruangan Dit. PTKI lantai 7 Kemenag RI.

Zulkarnain menambahkan, saat ini STAIN Takengon memiliki 36 dosen yang sedang menyelesaikan pendidikan S3 di dalam maupun Luar Negeri. “Kami berharap semoga transformasi ini akan berdampak positif terhadap peningkatan mutu dan kualitas lembaga serta menjadi kebanggaan bagi masyarakat Aceh,” jelas Zulkarnain, yang merupakan Ketua STAIN Gajah Putih Takengon.

Diketahui, dalam kegiatan harmonisasi dengan lembaga, sejumlah tokoh hadir diantaranya Asisten Deputi Asesmen dan Kordinasi Pelaksanaan Kebijakan kelembagaan dan tatalaksana Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Men PAN, R. Roro Vera Yuwantari Susilastuti, Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Kemenag, Afrizal Zen, Sekretariat Negara, Hanum, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM RI, BKN, dan Kasubdit Kelembagaan n Kerjasama Direktorat PTKI, M. Adib Abdushomad.