Kamis, 25 April, 2024

Pertamina Foundation kembali Berikan Bantuan untuk Korban Banjir

MONITOR, Tangerang – Pertamina Foundation kembali peduli korban banjir dengan mengunjungi Desa Tanjung Burung, Kec. Teluknaga, Kab. Tangerang untuk memberi bantuan makanan sehat balita dan perlengkapan sekolah anak-anak.

Hujan deras sepanjang malam tahun baru yang mengguyur Jabodetabek menyisakan banjir berkepanjangan di Kecamatan Teluknaga. Desa Tanjung Burung menjadi langganan banjir setiap tahunnya, namun luapan sungai Cisadane di awal tahun 2020 melebihi tahun-tahun sebelumnya.

Sejumlah 135 KK warga RT 13/RW 07 Kampung Cirumpak salah satu dusun dari Desa Tanjung Burung hingga saat ini masih terendam air dengan ketinggian mencapai lutut kaki orang dewasa, dimana ketinggian awal banjir mencapai 1 meter.

Letak desa Tanjung Burung berjarak kurang lebih 10 km dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Perjalanan menuju lokasi melalui medan jalan sempit dan tergenang air serta berlumpur yang hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat.

- Advertisement -

Di sepanjang jalan tampak ibu-ibu yang hanya duduk-duduk sambil membersihkan perabotan serta anak-anak yang belum kembali bersekolah malah asik bermain genangan air.

Tradisi warga Cirumpak yang tidak pernah mau mengungsi masih dipertahankan sampai sekarang, seperti yang disampaikan Mandra, Ketua RW kampung Cirumpak. Warga tetap bertahan di rumah, karena warga disini sudah terbiasa banjir setiap tahunnya.

Namun, banjir tahun ini yang tidak kunjung surut menimbulkan permasalahan kesehatan. Banyak warga RT13/RW07 yang mengeluhkan gatal pada kulit, luka sukar sembuh, dan kesulitan air bersih.

Seperti keluhan yang disampaikan oleh Munah ia mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Foundation telah membantu. T

“Tapi mohon jika ada kami diberi juga salep obat gatal-gatal untuk kaki saya dan cucu saya ini.” ujar Munah, warga RT13/RW07, Kampung Cirumpak.

Dalam kerumunan ibu-ibu dan anak-anak, Presiden Direktur Pertamina Foundation memberikan pesan agar para warga menjaga kesehatan dan anak-anak dapat segera kembali bersekolah.

Bantuan yang telah diberikan berupa peralatan sekolah untuk anak-anak serta bantuan makanan sehat dan perlengkapan balita. Melihat kondisi warga pada saat kunjungan, Pertamina Foundation akan mengirimkan kembali bantuan berupa obat-obatan untuk penyakit kulit dan diare.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER