Jumat, 26 April, 2024

Tangani Banjir, Jokowi Minta Jajarannya Serius Terjun ke Lapangan

MONITOR, Jakarta – Banjir di sejumlah daerah masih menjadi permasalah serius bagi Istana. Pada sidang kabinet paripurna pertama di tahun 2020 kemarin, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk turun langsung ke lapangan menangani banjir.

Ia mengatakan, instruksi tersebut harus ditanggapi secara serius dan tidak diulang-ulang.

“Perintah ini saya kira tidak usah saya ulang-ulang lagi. Seluruh kementerian yang berkaitan dengan banjir saya minta benar-benar terjun ke bawah,” ujar Jokowi dalam keterangannya, Selasa (7/1).

Jokowi mengatakan, Kementerian Kesehatan turun menangani kesehatan warga terdampak, Kementerian Sosial dan Kementerian BUMN juga bergerak memberikan bantuan yang dibutuhkan.

- Advertisement -

Sementara itu, ia juga meminta Kementerian Dalam Negeri agar mengingatkan seluruh kepala daerah agar meningkatkan kewaspadaan menghadapi musim hujan yang cukup ekstrem ini dengan perencanaan dan persiapan melakukan evakuasi bagi warga yang terdampak banjir.

“TNI, Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk terjun langsung dan memberikan bantuan tenaga ke lokasi-lokasi terdampak banjir. Secepatnya,” pungkas Jokowi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER