Megawati jajaki Kerjasama SUJ dan SGI Jepang dalam Bidang SDM dan Lingkungan Hidup

Megawati Soekarnoputri akan menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan dari Soka University of Japan (SUJ) pada Rabu (8/1/2020) esok.

MONITOR – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan menerima penganugerahan gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa (HC) dari Soka University of Japan (SUJ) dalam bidang kemanusiaan pada Rabu (8/1/2020) esok.

Ketua DPP PDIP Bidang Kelautan dan Perikanan, Prof. Rokhmin Dahuri yang turut mendampingi Megawati bersama Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR RI dan Ketua DPP PDI-Perjuangan Bidang Hubungan LN), Herman Heri (Ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP), Prof. Purnomo Yusgiantoro (Mantan Menteri ESDM Kabinet Gotong Royong) dan Prof. Bambang Wibawarta (UI, Doktor Alumni Waseda University, Jepang) mengatakan selain penganugerahan gelar HC, juga akan dilakukan penjajakan kerjasama pihak kampus dengan Indonesia melalui PDIP.

“Kami mendiskusikan tentang rencana kerjasama antara SUJ dan SGI dengan Indonesia melalui PDI-Perjuangan,” kata mantan menteri kelautan dan perikanan itu usai mendampingi Megawati Soekarnoputri dalam pertemuan makan siang dengan Yayasan Soka Gakkai International (SGI) di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang. Senin (6/1/2020).

Adapun bidang rencana kerjasama menurut Guru Besar IPB tersebut antara lain meliputi: Pengembangan SDM dan Pendidikan, Penelitian dan Pembangunan (R&D) serta Pengembangan Inovasi, Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan Pemberdayaan Perempuan.

Sebagai informasi, Megawati telah menerima delapan gelar doktor kehormatan dari perguruan tinggi ternama dalam negeri dan luar negeri. Gelar doktor kehormatan pertama yang diterima Megawati yakni dari Universitas Waseda Tokyo, Jepang, pada September 2001.

Megawati kembali menerima gelar doktor kehormatan dari Moscow State Institute of International Relations (MGIMO), Rusia pada 22 April 2003. Megawati mendapat gelar kehormatan untuk bidang politik.

Kemudian gelar doktor kehormatan ketiga untuk Megawati diterima dari Korea Maritime and Ocean University, Busan, Korea Selatan pada 19 Oktober 2015. Ketum PDIP ini dianugerahi kehormatan bidang politik.

Megawati juga menerima gelar doktor kehormatan di bidang politik dan pemerintahan dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Kemudian pada 27 September 2017 dari Universitas Negeri Padang (UNP) dengan gelar doktor kehormatan bidang pendidikan politik. Selanjutnya pada 16 September 2017 dari Mokpo National University, Korsel, bidang demokrasi ekonomi bagi tokoh perempuan yang memimpin RI selama periode 23 Juli 2001-20 Oktober 2004.

Selanjutnya, pada 8 Maret 2018 Megawati menerima gelar doktor kehormatan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bidang politik dan pemerintahan. Lalu pada 5 November 2018, Fujian Normal University (FNU) Tiongkok menganugerahkan gelar doktor kehormatan untuk Megawati bidang diplomasi ekonomi.