Jumat, 29 Maret, 2024

Agus Gumiwang Ingin Fokus Kembangkan Industri Manufaktur

MONITOR, Jakarta – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pihaknya terus menggenjot kinerja industri manufaktur sebagai salah satu motor penggerak ekonomi nasional. Ia pun sudah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan daya saing.

“Maka tidak salah apabila pemerintah sekarang fokus untuk menumbuhkembangkan sektor industri manufaktur,” ujar Agus Gumiwang di Jakarta, Senin (6/1).

Ia pun optimistis terhadap kinerja industri manufaktur pada tahun 2020 masih tumbuh positif, meskipun di tengah kondisi global yang belum pasti.

“Untuk pertumbuhan PDB industri pengolahan nonmigas pada tahun 2019, kami perkirakan sebesar 4,48% – 4,60%,” ungkapnya.

- Advertisement -

Sedangkan, pada tahun 2020, diproyeksi bisa menyentuh di angka 4,80% – 5,30%. Target peningkatan tersebut seiring dengan melonjaknya produktivitas sejumlah sektoral melalui penambahan investasi.

“Kami juga terus mendorong terkait jaminan ketersediaan bahan baku sehingga adanya keberlanjutan produktivitas. Hal ini menjadi salah satu upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif,” ujarnya.

Menperin menambahkan, kontribusi PDB industri pengolahan nonmigas terhadap total PDB pada tahun 2019 diperkirakan 17,58 – 17,70%. Pada tahun 2020, kontribusi tersebut bakal menanjak menjadi 17,80 – 17,95% seiring dengan pertumbuhan PDB industri pengolahan nonmigas yang semakin membaik.

“Selama ini, sektor industri memiliki peranan yang strategis karena konsisten memberikan kontribusi terbesar pada perekonomian nasional. Apalagi, aktivitas industri membawa efek ganda yang luas bagi peningkatan nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, dan penerimaan devisa dari ekspor,” paparnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER