Jumat, 29 Maret, 2024

Mentan Serahkan Mobil TTI dan Cold Storage ke TTIC Bali

MONITOR, Denpasar – Untuk mengenalkan dan mengedukasi publik mengenai program pemerintah dan gerakan masyarakat di bidang pertanian, Kementerian Pertanian menggelar TaniDay di Lapangan Renon, Denpasar Bali, pada Minggu (5/1/2020).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang hadir dalam acara tersebut berkesempatan menyerahkan secara simbolis 1 unit mobil operasional Toko Tani Indonesia Centre( TTIC) dan 2 unit Cold Storage (mesin berpendingin) kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali.

“Kita harapkan 117 TTI di Bali dapat terlayani lebih baik lagi dengan adanya mobil ini,” ujar Menteri yang akrab disapa SYL ini saat menyerahkan bantuan.

Coldstorage yang disimpan di TTIC berfungsi untuk menyimpan cabai dan bawang merah dalam waktu lama bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga. Ketika terjadi ketidakstabilan harga, dua komoditas tersebut dapat dikeluarkan untuk intervensi pasar.

- Advertisement -

“Semoga dengan adanya bantuan cold storage ini produk petani bawang merah terserap dan dapat membantu kebutuhan masyarakat akan bawang merah,” tambah Mentan SYL.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Ida Bagus Wisnu Wardhana menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Tentu saja mobil dan cold storage ini sangat menunjang dalam pengelolaan TTIC kami. Kami sangat berterima kasih sekali kepada Bapak Menteri dan Kepala Badan Ketahanan Pangan yang sudah memperhatikan kebutuhan kami” ungkapnya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi menyampaikan peran TTI dalam agenda TaniDay.

“Kami upayakan dalam setiap acara TaniDay, kami berpartisipasi untuk memeriahkan acara dengan mengikutsertakan gapoktan binaan dan mitra kerja TTIC untuk mengisi stand dan melakukan penjualan pangan murah,” jelas Agung.

Di acara TaniDay kali ini, Mentan SYL dalam sambutannya juga mengajak masyarakat untuk berkomitmen dan mengampanyekan makan makanan sehat, diversifikasi pangan lokal dan mengurangi food waste.

“Jangan ada lagi food waste, makan secukupnya, makan sesuai porsi kita, jangan buang percuma. Mari kita berkomitmen makan sehat, agar hati sehat, pikiran sehat, tubuh sehat sehingga Indonesia makin maju,” ujar SYL.

Hadir dalam TaniDay ini Komisi IV DPR RI, anggota DPD RI, pejabat eselon 1 dan 2 lingkup Kementerian Pertanian, serta jajaran pejabat Pemprov Bali dan Pemkot Bali.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER